Alamat Kantor:
Zavira Regeny Blok A7
Batas Kota Pekanbaru - Kampar, Riau — Indonesia
Salah satu elemen penting dan krusial dalam pemasaran online menggunakan SEO adalah konten. Tanpa konten, sulit bagi website kita untuk masuk halaman 1 Google.
Konten yang kami maksud sebenarnya tidak hanya artikel, tapi juga bisa berupa gambar, video, infographic dan lain sebagainya.
Hanya saja, yang paling umum adalah artikel.
Agar website kita bisa muncul di Google paling atas, maka langkah penting yang harus kita lakukan adalah membuat konten yang SEO Friendly.
Bagaimana cara membuat konten SEO Friendly, mari kita bahas.
Baik, kita bahas mulai dari pengertian
Kunci dari artikel SEO Friendly adalah terstruktur dan relevan.
Jadi, saat kita menulis artikel blog pastikan artikel tersebut kita buat dengan struktur yang mudah di pindai dan dipahami. Baik oleh kita sebagai user maupun search engine.
Ini adalah hal penting yang harus kita pahami oleh praktisi SEO saat melakukan SEO untuk website bisnis mereka.
Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara membuat artikel terstruktur dan relevan dengan kata kunci yang diketikan user pada kotak pencarian Google.
Yuk kita lanjutkan pembahasannya.
Praktek yang paling umum dalam membuat artikel yang terstruktur adalah dengan menggunakan Heading, mulai dari heading 1 hingga 6.
Untuk judul utama gunakan heading 1, kemudian heading 2 dan 3.
Perlu anda ingat, penggunaan heading 1 tidak boleh lebih dari satu kali. Usahakan penggunaannya hanya sekali saja, dan gunakan pada judul utama.
Sedangkan untuk heading 2-6 bisa digunakan lebih dari 1 kali.
Selain itu, teknik penulisan artikel terstruktur bisa dengan meniru model daftar isi. Disana terdapat Judul, Subjudul, subjudul 1, subjudul 2 dan seterusnya.
Artikel yang ditulis dengan cara diatas akan memudahkan search engine memahami strukur dari artikel yang anda tulis dan buat.
Dan ini menjadi salah satu ciri Artikel SEO Friendly.
Apa yang anda lakukan saat anda mendapati mesin mobil tiba-tiba mati tanpa gejala sama sekali. Atau apa yang anda lakukan saat mesin cuci dirumah rusak.
Umumnya, kita buka google dan searching.
Ya, itulah yang dilakukan banyak orang ketika mereka menghadapi masalah tertentu. Mereka buka google dan googling.
Ketika menghadapi masalah keuangan (pajak), mereka akan cari di Google Konsultan Pajak, Konsultan Keuangan Keluarga dan lain sebagainya.
Saat mau mulai jualan online, mereka akan cari dengan kata kunci : “cara memulai jualan online” di Google, begitu seterusnya.
Dari perilaku yang umum ini, anda bisa melihat bahwa anda punya peluang untuk menawarkan produk maupun jasa secara online, terutama Google.
Penjualan anda akan meningkat drastis ketika mereka mencari jasa anda dan menemukan website anda di halaman 1 Google.
Ini yang kami lakukan selama 10 tahun terakhir ini.
Kami melakukan SEO (Search Engine Optimization) agar website tampil di Google paling atas sehingga mudah ditemukan calon pelanggan.
Untuk memenuhi kebutuhan akan artikel SEO Friendly, kita harus menulis artikel yang relevan dengan kata kunci yang diketikan di Google.
Caranya relatif mudah.
Pertama, sertakan kata kunci pada Judul utama (Heading 1)
Langkah pertama agar artikel kita relevan adalah dengan menyertakan kata kunci pada judul utama. Jika memungkinkan posisikan pada awal kalimat.
Namun, jika tidak memungkinan bisa kita posisikan pada bagian tengah atau maupun bagian akhir artikel.
Pada kondisi tertentu kita tidak bisa menyertakan kata kunci sama persis dengan kata kunci yang diketikan user melalui pencarian Google. Untuk menyiasatinya, cukup sertakan kata-kata tersebut pada judul walaupun terpisah oleh kata lain.
Yang penting, jangan sampai bacaannya jadi rancu dan tidak bermakna.
Kedua, Gunakan kata kunci pada paragraf pertama
Ini juga kalau memungkinkan.
Anda bisa menyertakan kata kunci pada 100 kata pertama jika hal tersebut memungkinkan. Tapi, jangan paksakan, sehingga terlihat tidak natural.
Teknik SEO yang satu ini sering disalah artikan banyak SEO Specialist
Sehingga banyak juga yang memasang keyword pada awal kalimat, padahal tidak nyambung sama sekali. Sebaiknya hindari cara seo seperti ini.
Ketiga, Sertakan gambar dengan alt text kata kunci
Agar artikel anda semakin SEO Friendly. Jangan lupa untuk menyertakan gambar relevan kedalam artikel tersebut. Tapi ingat, masukan alt text sesuai kata kunci.
Karena mesin pencari “belum” bisa membaca konteks dari gambar. Sehingga anda harus menambahkan alt text untuk memudahkannya.
Usahakan ukuran gambar tidak terlalu besar dan terlalu kecil.
Selain itu, ukuran filenya sebaiknya juga tidak lebih dari 100 kb. Jika memungkinkan maksimal hanya 50 kb, agar loading website tetap cepat.
Ke-empat, tambahkan internal link
Ya, terkadang ada istilah yang perlu penjelasan lanjutan.
Untuk bagian ini, anda bisa menambahkan internal link ke halaman terkait. Tujuannya untuk membantu pembaca agar memahami topik secara lengkap.
Berhati-hatilah dalam membuat internal link, jangan asal. Pastikan relevan.
Setidaknya dengan beberapa trik SEO tersebut anda sudah berhasil membuat artikel SEO Friendly.
Jika keyword yang kita target tidak terlalu berat, maka ranking halaman 1 Google bisa anda capai tanpa harus menggunakan backlink sama sekali.
Akan tetapi, jika persaingannya berat. Cukup bantu menggunakan Backlink PBN Berkualitas.
Saran kami, coba praktekan cara membuat artikel SEO Friendly ini dan uji hasilnya. Jika anda berhasil, bolehlah berbagi melalui artikel ini.
Ngomong-ngomong, artikel SEO Friendly merupakan salah satu faktor ranking website yang pengaruhnya paling signifikan pada ranking website.
Jadi, jangan anggap sepele.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.