Alamat Kantor:

Zavira Regeny Blok A7
Batas Kota Pekanbaru - Kampar, Riau — Indonesia

Prediksi: 5 Trend Pemasaran Online Berbasis Search Engine Google

Trend SEO Organik terbaru

Digital Marketing merupakan salah satu bidang yang selalu berkembang, terutama dengan dorongan  teknologi baru yang terus muncul.

Tetap up to date menjadi pilihan yang penting bagi pemilik bisnis agar tetap bisa menguasai pasar dalam jangka waktu yang lama. Walaupun teknologi terus berkembang.

Menariknya, teknologi ini juga berdampak sangat besar pada salah satu bidang Digital Marketing yang cukup popular, yakni SEO (Search Engine Optimization).

Lalu apa saja dampak perkembagnan teknologi pada teknik dan Strategi SEO terbaru. Pada artikel ini kita akan membahasnya untuk anda semua.

Luangkan waktu anda dan mari kita mulai.

Optimisasi Pencarian Suara

Beberapa waktu belakangan ini, pencarian suara telah mendapatkan perhatian yang cukup signifikan. Ini berkat penyebaran perangkat yang mampu menerima perintah suara seperti speaker pintar dan asisten virtual seperti Amazon Echo dan Google Home.

Dengan popularitas pencarian suara yang meningkat, optimasi konten untuk pertanyaan suara akan menjadi hal penting bagi bisnis bisnis kita.

Berbeda dengan pencarian berbasis teks tradisional, pertanyaan suara sering kali lebih percakapan dan panjang, membutuhkan pendekatan yang berbeda dalam riset keyword dan optimisasi konten.

Kita sebagai Marketer perlu fokus pada kata kunci panjang (long-tail keyword) dan frasa percakapan yang sesuai dengan cara orang berbicara secara alami.

Selain itu, mengoptimalkan struktur website dan aspek teknis seperti kecepatan halaman akan membantu meningkatkan pengalaman pengguna untuk pengguna pencarian suara.

Artificial intelligence (AI) and Machine Learning

Teknologi kecerdasan buatan dan machine learning telah mengubah berbagai industri, dan pemasaran digital bukanlah pengecualian.

Alat yang didukung oleh teknologi AI dapat membantu mengotomatisasi dan menyederhanakan proses pemasaran, mulai dari kampanye email yang dipersonalisasi hingga pembuatan konten serta analisis data.

Algoritma pembelajaran mesin dapat menganalisis jumlah data yang besar untuk mengidentifikasi pola dan tren, memungkinkan marketer untuk membuat keputusan berdasarkan data. Analitik prediktif juga dapat dimanfaatkan untuk memprediksi perilaku pelanggan dan mengoptimalkan kampanye pemasaran.

Chatbot dan asisten virtual yang didukung AI menjadi semakin canggih, memberikan dukungan pelanggan instan dan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Seiring perkembangan AI, marketer yang mengadopsi teknologi ini akan mendapatkan keunggulan kompetitif dalam memberikan pengalaman personalisasi kepada pelanggan mereka.

SEO Video

Konten video terus mendominasi lanskap online, dengan platform seperti YouTube dan TikTok mengalami pertumbuhan yang pesat. Semuanya platform Video.

Seiring peningkatan konsumsi video, mengoptimalkan konten video untuk mesin pencari menjadi penting. SEO video melibatkan pengoptimalan judul, deskripsi, tag dan transkrip untuk memastikan mesin pencari dapat memahami dan mengindeks konten video.

Para marketer harus fokus pada pembuatan video berkualitas tinggi dan menarik yang mampu mempengaruhi audiens target mereka. Selain itu,embed video pada halaman web yang relevan, mengoptimalkan thumbnail video dan memanfaatkan sitemap video dapat meningkatkan visibilitas dalam halaman hasil mesin pencari (SERP).

Dengan munculnya platform yang mengutamakan video, bisnis yang memprioritaskan SEO video akan memiliki peluang lebih baik untuk mencapai dan menarik audiens target.

Pencarian Tanpa Klik pada Feature Snippet

Snippet unggulan (featured snippets) telah menjadi semakin penting dalam hasil mesin pencari, memberikan jawaban langsung kepada pengguna tanpa perlu mengklik ke website tertentu. Snippet ini ditempatkan di atas hasil pencarian organik dan dapat berisi teks, gambar, atau bahkan konten video.

Meskipun memberikan kenyamanan bagi pengguna, ini juga dapat mempengaruhi lalu lintas website karena pengguna mendapatkan jawaban tanpa mengklik hasil tertentu.

Marketer perlu menyesuaikan strategi SEO mereka untuk mengoptimalkan snippet unggulan dengan memberikan jawaban yang ringkas dan terstruktur untuk pertanyaan umum dalam konten mereka. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan konten mereka terpilih sebagai snippet unggulan, meningkatkan visibilitas merek dan menarik lalu lintas yang ditargetkan.

Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan:

Mesin pencari, khususnya Google, semakin memberikan perhatian pada keahlian, otoritas, dan kepercayaan (E-A-T) dari website dan pembuat konten.

 E-A-T telah menjadi faktor peringkat yang penting, terutama untuk industri yang menangani topik sensitif seperti kesehatan, keuangan dan saran hukum.

Untuk meningkatkan E-A-T, bisnis harus fokus pada pembuatan konten berkualitas tinggi dan otoritatif yang didukung oleh sumber yang dapat dipercaya.

Membangun reputasi online yang kuat melalui ulasan positif, testimonial dan dukungan dari pakar industri atau influencer juga dapat meningkatkan kepercayaan.

Ini bukan berarti anda meningkatkan menggunakan backlink berkualitas dan lainnya.

Marketer perlu memprioritaskan transparansi dan praktik etis dalam upaya pemasaran digital mereka untuk membangun diri mereka sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya.

Terakhir

Tetap terinformasi tentang tren dan prediksi terbaru dalam pemasaran digital adalah penting bagi bisnis dan marketer agar tetap bersaing dalam lanskap digital yang terus berkembang.

Optimisasi pencarian suara, kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin, SEO video, pencarian tanpa klik pada feature snippet serta penekanan pada keahlian, otoritas, dan kepercayaan adalah lima tren kunci yang perlu diperhatikan.

Khusus untuk teman teman pemilik bisnis yang butuh bantuan untuk pemasaran online berbasis Google organik. Cobalah salah satu penawaran kami, Jasa SEO Bulanan. Selain lebih murah, hasilnya juga lebih memuaskan.

Default image
Hidayat Mundana

Hi, SEOElite.ID hadir untuk menyediakan informasi bermanfaat seputar Digital Marketing, Ecommerce, SEO serta tips-tips dasar SEO untuk pemula.

Articles: 36